mohon maaf sementara postingan ini masih berasal dari referensi blog orang.. bukan bermaksud plagiat tapi ini sekedar mem-bookmark pelajaran untuk saya belajar lebih lanjut, tapi tidak lupa saya cantumkan file asal postingan saya... heheh peace !!!!

Sabtu, 21 Juli 2012

Sharing Modem internet dari PC ke HP via Bluetooth

Ada teman yg minta dicarikan cara ngenet dari PC kantornya tapi browse pakai HP yg dia bawa untuk ngisi games,map dll. Intinya dia mau ngenet gratisan diHP pakai speedynya Kantor yg cepat.

Setelah dicari ada lumayan jelas dari albirru.files.wordpress.com.

Berikut cara konfigurasi Gnubox dengan bluetooth. Lebih mudah dan tidak perlu konfigurasi ulang setiap kali mau melakukan koneksi internet dari handphone menggunakan Gnubox.

Yang diperlukan yaitu Driver bluetooth (pakai Widcomm), mRouter, dan AnalogX Proxy untuk sisi kompuer. Dan tentunya Gnubox untuk sisi handphonenya.

Sisi Komputer

1. Install driver bluetooth dan catat Bluetooth Serial Port-nya . Jika menggunakan driver widcomm bisa dilihat di Advance Configuration, Tab Local Services. (dalam gambar tertera port 3)

Enlarge this image

2. Install m-Router dan jalankan. Buka Advanced Setings, pada kolom Additional COM Ports klik tombol View. download mRouter disini

Enlarge this image

Di window Additional COM Ports, kolom sebelah kiri, pilih port yang sesuai dengan bluetooth serial port (dalam contoh port 3). Kemudian pindahkan ke kolom sebelah kanan dengan mengklik tombol panah >>.

Enlarge this image Click to see fullsize

Enlarge this image Click to see fullsize


Klik Ok dan Close.
3. Install AnalogX Proxy dan jalankan. Disini tidak ada konfigurasi apapun.

Sisi Handphone

1. Install Gnubox dan jalankan. Klik Select -> Debug -> Dump CommsDB. Selanjutnya Ok -> Exit
.download Gnubox disini


2. Masuk ke Setting Access Points. Menu -> Tools -> Settings -> Connection -> Access Points. Pilih Select -> New Access Point -> Use Default Setting.
Connection name : Bt
Data Bearer : Data Call
Dial-up Number : 321

3. Pilih Options -> Advanced Settings.
Proxy serv. address : 169.254.1.68
Proxy Port Number : 6588
4. Buka Gnubox kembali. Pilih Options -> Install -> Create Records.


5. Pilih Options -> 2Box Bluetooth -> Serial Port. Setelah itu pilih device bluetooth yang ada di komputer. Jika menanyakan “Do You Want Require Encription ?” Pilih Ok.

6. Setelah ini kita bisa mengakses internet sepuasnya. Pada saat pemilihan Access Point pilih Access Point Bt.




file diambil dari situs ini

1 komentar:

  1. Kalo untuk yg koneksi dengan menggunakan kabel data ada gak Gan ... HH ku Cross A27 mau aku sambungkan dengan PC di Kantor yg bisa internet via Ethernet Kabel.

    BalasHapus